Pengertian Penyakit Asam Urat 

Penyakit asam urat adalah kondisi yang dapa menyebabkan nyeri yg tidak tertahankan,terjadi pembekakakn dan rasa panas di persendian. Sendi jari tangan,jari kaki,pergelangan kaki dan lutut adlah yang paling seringterserang.

Pada laki-laki yang sudah berunur di atas 30 tahun mereka rawan terkena penyakit asam urat. Pada wanita penyakit asam urat menyerang setelah menopause.

Orang yang terkena gout biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Nyeri bisa berlangsung selama 3-10 hari. Bengkak tidak hanya terjadi pada persendian, tapi juga di daerah sekitar persendian disertai kulit kemerahan. Pada tahap ini, pasien tidak bisa bergerak bebas.

Penyakit Asam Urat

Menurut data yang di ambil dari wikipedia di Indonesia, orang sering keliru menyamakan asam urat (gout / python) dengan rematik. Meski rematik adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan nyeri pada persendian atau otot yang mengalami pembengkakan. Penyakit asam urat (asam urat / python) hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian. Mengenali gejala dan tanda pada asam urat dapat membantu seseorang membedakan rasa sakit sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.

Banyak orang berpikir bahwa jika kadar asam urat dalam tekanan darah tinggi (hiperurisemia), mereka akan terkena asam urat. Ini tidak benar, karena hanya sekitar sepertiga orang yang menderita gout hyperuriaemia.

Penyebab penyakit asam urat


Gejala nyeri dan pembengkakan penyakit asam urat disebabkan oleh penataan kristal yang tajam di sekitar sendi yang terbentuk oleh akumulasi bahan asam urat. Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan asam urat (misalnya makanan laut, makanan laut, daging merah) dan seseorang yang suka minum alkohol akan berisiko tinggi terkena asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rentan terhadap orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronis.

Menurut penelitian, seseorang dengan keluarga penyakit asam urat juga bisa terkena kondisi yang sama. Dengan kata lain, penyakit ini juga genetik.

Diagnosis penyakit asam urat


Temui dokter Anda jika Anda merasa gejala penyakit asam urat. Dalam melakukan diagnosa, dokter akan melakukan tes atau tes untuk memastikan adanya kristal natrium di persendian. Ini harus dilakukan karena ada jenis penyakit lain yang bisa menimbulkan gejala meniru asam urat. Pemeriksaan kadar asam urat dalam darah juga biasanya dilakukan.

Ketika akan dilakukan tes biasanya dokter akan menanyakan :
  • Bagianmana yang sering terasa nyeri
  • Kapan anda merasakan nyeri
  • Obat apa yang sedang anda minum
  • Apa ada keluarga yang terkena penyakit asam urat

Penanganan penyakit asam urat

Penanganan penyakit asam urat bertujuan untuk meringankan gejalanya dan mencegah atau mengobati penyakit asam urat

Untuk meringankan gejala asam urat, Anda bisa melampirkan kantong es ke sendi yang sakit. Anda juga bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti colchicine, NSAID (obat antiinflamasi non steroid), dan obat tipe steroid.

Sementara itu, untuk mencegah serangan asid urik berulang, anda boleh mengambil ubat penurun asid urik (contohnya allopurinol). Di samping itu, anda dikehendaki supaya menjauhi makanan yang mencetuskan penyakit asam urat dan secepatnya menurunkan berat badan. Perbanyak makanan berkalori rendah untuk menyokong usaha untuk mendapatkan berat badan yg ideal.

Kombinasi obat-obatan dari dokter dan perilaku hidup sehat umumnya terbukti efektif dalam menurunkan kadar asam urat dan melarutkan kristal tajam yang telah terbentuk. Dengan kombinasi seperti itu, pasien dengan penyakit asam urat tidak lagi kambuh.

Komplikasi penyakit asam urat


Beberapa komplikasi penyakit asam urat yang patut anda waspadai:
  • Di area yg mengalami radang terdapat benjolan keras.
  • Kerusakan sendi tetap terjadi karena peradangan dan persendian pada sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi itu sendiri. Kerusakan permanen ini biasanya terjadi pada kasus penyakit asam urat yang telah terlewatkan lama.
  • Pengendapan yang bercampur dengan kalsium di dalam rematik