Rematik

Defini Dan Pengertian Penyakit Rematik

Apa itu rheumatoid arthritis atau rematik)?


Pengertian rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun. Yang paling sering terkena yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut. Yang lebih jarang terkena yaitu bagian tubuh lain, seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit dan saraf. Obat tradisional adalah obat yang racik kusus untuk membantu mengobati penyakit rematik yang sudah mendapat izin dari BPOM dan Mui. Obat herbal juga bisa di gunakan untuk pencegahan penyakit rematik 

Rematik bisa mempengaruhi kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari seperti menulis, membuka botol, berpakaian, dan membawa barang. Arthritis yang mempengaruhi pinggul, lutut atau tungkai bisa menyulitkan berjalan, telapak kaki, membungkuk, atau berdiri.

Apa Rematik Adalah Penyakit Yang Wajar?

Menurut sumber yang di dapat dari wikipedia rematik terjadi pada 1-5% orang dewasa di seluruh dunia, lebih umum pada usia 20-40. Wanita 2 - 3 kali menderita penyakit sendi pria dan kerap juga terjadi pada usia muda . Anda bisa mengurangi kemungkinan menderita penyakit ini dengan menghindari pantangan makanan penyebab rematik atau menurunkan faktor risiko Anda. Jika anda ingin tau apa perbedaan rematik dan asam urat bicaralah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Kapan Penyakit Rematik Seharusnya Di Obati ?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala di atas atau pertanyaan lainnya, berkonsultasilah dengan dokter Anda. Tubuh setiap individu berbeda. Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk merawat kondisi kesehatan Anda.

Selain itu, tendon dan ligamen yang menahan sendi akan melemah dan meregang. Perlahan, persendian akan berubah bentuk.

Saat ini, dokter tidak tahu apa yang memulai kondisi ini, meski dianggap peran genetis. Meskipun gen Anda tidak menyebabkan rematik secara langsung, Anda lebih rentan terhadap faktor lingkungan - seperti infeksi dengan beberapa virus dan bakteri - yang dapat memicu penyakit.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis rematik ?

Rematik sulit untuk didiagnosis pada tahap awal karena gejala awal mirip dengan penyakit lainnya.

Dokter dapat melakukan diagnosa dengan melihat riwayat medis, pemeriksaan bersama, dan tes rontgen. Pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah kadar deposisi darah (LED) yang mengukur peradangan; darah lengkap; dan tes faktor rheumatoid (RF).